Home Otomotif 7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Merepotkan Saat Berkendara

7 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Merepotkan Saat Berkendara

by admin

Mengemudikan mobil sekarang tidak dimonopoli golongan pria saja. Dengan tingkat aktivitas yang tinggi, membuat kaum wanita dituntut untuk dapat mandiri dalam segalanya, terhitung mengemudikan mobil sendiri.

Tetapi, walau telah terlatih menyopir sendiri, beberapa hal remeh yang belum dimengerti wanita masalah mobil serta langkah merawatnya. Walau sebenarnya, jika sampai berlangsung suatu hal pada kendaraan, akan ribet sendiri.

Berikut, Banyak hal yang perlu dilihat beberapa wanita yang mengemudikan mobil sendiri, supaya tidak berlangsung suatu hal serta menyusahkan diri kita serta orang lain:

1. Menyalakan lampu hazard

Lampu hazard adalah satu diantara komponen penting waktu berkendara, khususnya saat alami keadaan genting. Lampu ini dinyalakan saat mobil alami keadaan genting, seperti mendadak berhenti atau pecah ban di jalan.

Tombol lampu hazard umumnya ada di tempat yang gampang disaksikan serta dicapai, seperti ditengah-tengah dashboard. Jadi Anda tak perlu cari kesana kesini hingga mengganggu konsentrasi.

Simbolnya berbentuk 2 segitiga warna merah, ada pula mobil yang gunakan tombol warna merah.

2. Check desakan ban

Benar-benar beresiko mengemudikan mobil bila desakan ban kurang atau lebih dari sebaiknya. Desakan ban dapat diukur memakai alat pengukur serta dapat dikerjakan sendiri.

Angka desakan itu dicocokkan dengan desakan ban yang disarankan, dapat disaksikan dibagian dalam pintu samping pengemudi. Jika tidak ingin ribet, Anda dapat meminta tolong layanan isi angin ban yang berada di pom bensin

3. Isi air wiper

Lihat kaca jendela yang kotor serta berdebu tentunya mengganggu pandangan waktu menyopir. Waktu ingin membersihkannya dengan wiper nyatanya airnya habis pasti bisa saja beresiko.

Yakinkan mengeceknya dengan reguler hingga tidak kehabisan air wiper serta isi sampai sinyal batas yang dipastikan.

4. Ubah ban cadangan

Mengubah ban cadangan perlu tenaga serta kemampuan yang cukup supaya bisa ditangani dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda harus juga memahami langkah memakai piranti untuk mengubah ban.

Nah, agar tidak menyusahkan, Anda dapat dalami dahulu langkah ubah ban cadangan yang benar. Jika butuh, kerjakan simulasi pergantian ban saat ada waktu senggang.

5. Membuka kap mesin

Langkah buka kap mesin tiap mobil berlainan, Anda dapat mengeceknya di buku panduan pada mobil. Ada yang lewat tuas dibawah dashboard, atau dibawah jok serta sering tertutup karpet.

6. Check volume oli

Tempat dipstick atau tongkat untuk memeriksa jumlahnya oli mesin berada di samping mesin mobil. Umumnya pegangannya diberi warna kuning jadi pemberi tanda serta eye catching.

Tarik ke luar tongkat itu, membersihkan permukaannya, serta masukan kembali pada dalam lubangnya sampai rapat. Selanjutnya tarik keluar untuk lihat seberapa jauh tersisa oli mesin di mobil Anda.

Bila level oli rendah, Anda dapat memberikan tambahan sampai batas optimal. Yakinkan oli tidak bocor dengan memandangnya ke bawah mobil saat mobil sedang parkir.

7. Membuka tutup tangki bensin

Sudah pernahkah Anda kesusahan buka tutup tangki bensin waktu ingin isi BBM di pom bensin? Ini biasa berlangsung waktu Anda bawa serta mobil yang tidak biasa digunakan.

Langkah tahu tempat tutup tangki dengan melihat panel instrumen. Di tanda volume bensin, ada sinyal segitiga yang tunjukkan disamping mana tutup tangki bensin mobil Anda.

Untuk tuas, biasanya berada di lantai dekat bangku sopir, atau di dashboard di ruang bawah kemudi, ada pula tuas di panel pintu. Atau serta tidak ada tuasnya, tetapi cukup hanya mendesak tutup tangki.

Mobil usang masih menempatkan kunci pembuka di tutup tangki. Supaya tidak salah serta ribet sendiri, panduan tentang tutup tangka bensin berada di buku panduan. Terhitung juga keperluan oktan bensin yang sesuai dengan keperluan mesin.

Leave a Comment