Home Kesehatan Ibu Hamil Jangan Sampai kekurangan Asupan Asam Folat

Ibu Hamil Jangan Sampai kekurangan Asupan Asam Folat

by admin

Keperluan asam folat harian ibu hamil penting untuk dipenuhi, serta semenjak sebelum kamu hamil. Ini sebab kekurangan asam folat waktu hamil bukan sekedar membuat kamu jadi lemas serta capek, tapi dapat menghalangi serta mengganggu perubahan janin dalam kandungan.

Di bawah ini ialah beberapa efek kekurangan asam folat waktu hamil:

1. Menanggung derita anemia

Asam folat punya fungsi penting dalam pembentukan sel darah merah, hingga kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa tingkatkan efek berlangsungnya anemia. Anemia waktu hamil tidak bisa diremehkan, sebab bila tidak diobati, beresiko mengakibatkan persalinan prematur serta bayi lahir dengan berat tubuh rendah.

2. Menanggung derita preeklampsia

Efek berlangsungnya preeklampsia bisa bertambah bila kamu kekurangan konsumsi asam folat sepanjang hamil. Preeklampsia adalah keadaan yang butuh dicermati sebab dapat meneror jiwamu dan bayi dalam kandunganmu, lebih bila tidak mendapatkan perlakuan sampai mendekati persalinan.

3. Menghalangi perubahan janin

Perubahan janin dalam kandungan dapat jadi tidak maksimal bila konsumsi asam folat tidak baik. Ini sebab asam folat punya fungsi penting dalam mendukung perkembangan serta perubahan sel, dan jadi sisi penting dalam menghasilkan, melakukan perbaikan, serta jalankan peranan DNA pada bayi.

4. Tingkatkan efek bayi lahir prematur

Minimnya konsumsi asam folat waktu hamil bisa tingkatkan efek bayi lahir prematur. Satu riset serta mengatakan jika kekurangan konsumsi asam folat sepanjang kehamilan bisa tingkatkan efek keguguran. Walau ini masih butuh ditelaah selanjutnya, kamu masih disarankan untuk memenuhi konsumsi folat buat menghindarkan efek itu.

5. Punya efek semakin besar bayi terlahir cacat

Semenjak jalani program kehamilan atau semenjak trimester pertama, kamu harus pastikan jika konsumsi asam folat harian cukup sudah. Karena pada 12 minggu pertama kehamilan, tulang belakang janin dalam kandungan mengalami perubahan, serta asam folat menggenggam fungsi penting dalam proses ini.

Konsumsi asam folat yang disarankan seputar sebulan sebelum hamil sampai 3 bulan pertama kehamilan ialah sekitar 400 mcg /hari. Sesaat pada umur kehamilan 4-9 bulan, keperluan konsumsi asam folat harian bertambah jadi 600 mcg.

Bila selama saat itu keperluan asam folat harian tidak memenuhi, jadi efek bayi menanggung derita cacat tabung saraf atau spina bifida serta anencephaly akan makin besar. Begitu halnya efek cacat lahir yang lain, seperti bibir sumbing serta penyakit jantung bawaan.

Related Posts

Leave a Comment