Pengertian Aquaplaning Mobil dan Cara Mengatasinya 

  • Whatsapp
Pengertian-Aquaplaning-Mobil-dan-Cara-Mengatasinya 
Foto dari Canva Photos Unlimited

Jika Anda kerap mengendarai mobil di saat musim hujan, maka lapisan air akan terbentuk di antara ban mobil dan permukaan jalan situasi ini kerap disebut dengan aquaplaning mobil.

Kondisi ini membahayakan bagi para pengemudi karena kendaraan bisa lepas kendali akibat melemahnya traksi sehingga mengerem mobil saat kendaraan melaju tentu menyulitkan dan berisiko terjadi kecelakaan. Berikut ini cara mengatasi Aquaplaning pada mobil.

Read More

1. Menurunkan Kecepatan

Saat berkendara ketika turun hujan, diwajibkan untuk menurunkan kecepatan agar terhindar dari risiko ban kehilangan kontrol dan keseimbangan. Jika sebelumnya Anda berkendara dengan kecepatan 100 km/jam maka sebaiknya diturunkan menjadi 80 km/jam atau tergantung pada situasi dan kondisi lapangan.

Dengan cara ini, Anda punya waktu untuk membuang lapisan air yang melapisi ban. Selain itu, Anda juga bisa melihat situasi jalanan dan mengantisipasi dengan cara menghindar ketika ada hal yang tak diinginkan terjadi.

2. Fokus dan Berkonsentrasi

Cara kedua untuk mengatasi Aquaplan ialah fokus dan berkonsentrasi pada saat mengemudi. Tinggalkan semua yang mengalihkan perhatian Anda seperti tidak bertelepon atau menggunakan ponsel saat berkendara.

Karena ketika mobil mengalami Aquaplaning maka risiko terjadi kecelakaan akan bertambah apalagi jika Anda mengemudikan mobil di saat musim hujan tentu akan membahayakan keselamatan Anda.

3. Tidak Melakukan Manuver Mendadak

Melakukan manuver mendadak atau belokan tajam akan membuat ban kehilangan traksi sehingga risiko mobil terpeleset akan lebih besar. Mengemudilah dengan hati-hati dan atur laju kendaraan agar tidak melakukan belokan mendadak.

Injak gas dan pedal secara perlahan dan halus. Selain itu jangan mendadak mengerem karena akan membahayakan diri sendiri dan penumpang lainnya.

4. Periksa Tekanan Angin

Tekanan angin ban yang tidak stabil juga bisa membuat mobil mudah tergelincir sekaligus meningkatkan risiko terjadinya Aquaplaning. Sehingga, sebelum berkendara pastikan Anda sudah mengecek kondisi ban, mulai dari tekanan angin, telapak, dan dinding ban.

Sehingga jika terjadi masalah bisa langsung segera diatasi. Tak hanya itu, perawatan mobil secara rutin juga diperlukan agar terhindar dari aquaplaning Mobil yang membahayakan pengemudi, penumpang dan pengendara lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *