Pengertian, Karakteristik, Terapi, dan Pencegahan Savant Syndrome

  • Whatsapp
Pengertian-Karakteristik-Terapi-dan-Pencegahan-Savant-Syndrome
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Pernahkah Anda mendengar istilah savant syndrome? Ya, ini adalah salah satu jenis sindrom yang biasa ditemukan pada manusia. Nah, kali ini akan dibahas informasi seputar sindrom ini secara lengkap. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak ulasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Pengertian Savant Syndrome

Apa yang disebut dengan sindrom savant itu? Ini adalah sebuah keadaan dimana seseorang memiliki kemampuan mendalam yang sangat luar biasa dan melebihi normal. Bisa dikatakan juga bahwa orang yang memiliki sindrom ini mengalami gangguan perkembangan saraf terutama di bagian spektrum autisme atau disebut cedera otak.

Read More

Sebagai contoh, seseorang yang memiliki sindrom ini akan memiliki IQ yang sangat rendah. Namun mereka sangat unggul dalam keterampilan tertentu seperti berhitung cepat memori, seni atau bahkan musikalitas.

Meskipun gangguan ini disebut dengan sindrom, namun sindrom ini begitu istimewa karena gejala gangguan mental tidak ditemukan di sini.

Karakteristik Sindrom Savant

Ada umumnya, keahlian yang dimiliki oleh orang yang mengalami sindrom ini hanya satu atau bahkan beberapa dari lima bidang utama yakni seni, perhitungan kalender, musikalitas, keahlian spesial dan matematika.

Adapun bentuk yang paling umum adalah mereka memiliki keahlian dalam perhitungan kalender. Hal inilah yang menjadikan mereka disebut sebagai kalender hidup. Kemampuan ini dapat menentukan hari dan tanggal dengan sangat cepat namun hasil yang akurat.

Terapi Sindrom Savant

Jenis sindrom ini tidak bisa disebut sebagai sebuah penyakit, sehingga ia tidak perlu untuk dilakukan pengobatan. Nah, gangguan dari keterbatasan yang menyertai sindrom ini yang harus mendapatkan penanganan.

Dengan memanfaatkan bakat yang dimiliki oleh mereka yang mengalami gangguan sindrom ini ternyata akan sangat mengatasi gangguan yang dialami oleh penderitanya. Dengan demikian, kelebihan yang dimiliki bukan disebut sebagai kekurangan, namun bisa dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan lainnya.

Pencegahan

Hingga saat ini belum ada upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah sindrom ini. Ada beberapa hal yang menduga bahwa ada keterkaitan yang terjadi antara sindrom savant dengan autisme. Bahkan, hingga saat ini juga belum diketahui penyebab sindrom ini apa.

Dengan mengetahui informasi seputar savant syndrome ini semoga dapat menambah wawasan dan informasi. Selain itu, informasi ini juga bisa digunakan untuk memahami orang-orang yang memiliki kelebihan khusus ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *