Home Kesehatan Tidak Hamil Tapi Telat Datang Bulan, Mungkin 5 Ini Penyebabnya

Tidak Hamil Tapi Telat Datang Bulan, Mungkin 5 Ini Penyebabnya

by admin

Tidak hanya kehamilan, pemicu alami terlambat hadir bulan ialah menyusui serta menopause. Kamu tak perlu cemas, sebab keadaan ini normal. Tetapi bila kamu sedang tidak menyusui serta belum dekati umur menopause, beberapa keadaan di bawah ini pantas kamu cermati.

Di bawah ini ialah beberapa keadaan tidak hanya kehamilan yang bisa mengakibatkan terlambat hadir bulan:

1. Pola hidup tidak sehat

Unsur pola hidup yang tidak sehat, misalnya kurang istirahat, konsumsi nutrisi yang jelek, kelebihan berat tubuh atau berat tubuh rendah, serta diet berlebihan, dapat mengganggu peranan hormon di tubuhmu. Ini selanjutnya dapat mengganggu siklus menstruasimu serta mengakibatkan terlambat hadir bulan.

Diluar itu, terlambat hadir bulan berlangsung sebab depresi serta pergantian hormon dengan abnormal pada wanita yang punya masalah makan, seperti anoreksia atau bulimia.

2. Tidak seimbangan hormon pada tubuh

Terlambat hadir bulan punya hubungan yang erat dengan tidak seimbangan hormon. Hormon yang tidak imbang dapat dikarenakan oleh sindrom polikistik ovarium, penyakit tiroid, dan menopause awal. Diluar itu, keadaan medis yang memicu tidak seimbangan hormon bisa berbentuk terdapatnya tumor kelenjar pituitari di otak.

3. Pemakaian alat kontrasepsi

Tidak hanya keadaan serta penyakit di atas, tidak seimbangan hormon dapat berlangsung pada wanita yang memakai alat kontrasepsi hormonal. Misalnya ialah alat kontrasepsi yang disuntik, ditanam (implan), atau pil yang diminum.

Perlu waktu sepanjang beberapa waktu sampai beberapa minggu supaya menstruasi normal kembali sesudah berhenti memakai alat kontrasepsi.

4. Mengonsumsi obat khusus

Beberapa macam obat-obatan bisa membuat kamu terlambat hadir bulan, contohnya obat kemoterapi untuk kanker, obat antidepresan, obat antipsikotik, obat alergi, dan obat pengontrol tekanan darah.

5. Amenorrhea

Terlambat hadir bulan dalam tempo lama bisa diketahui jadi amenorrhea. Amenorrhea dibagi jadi dua, yakni primer serta sekunder. Amenorrhea primer ialah keadaan tidak terdapatnya menstruasi benar-benar sesudah mencapai umur 15 tahun. Sesaat amenorrhea sekunder berlangsung pada wanita yang pernah menstruasi awalnya, lalu tidak menstruasi sepanjang tiga bulan atau lebih.

Keadaan ini bisa dikarenakan oleh bermacam hal, dari mulai kelainan bawaan, sampai masalah hormonal. Amenorrhea membutuhkan kontrol selanjutnya oleh dokter, agar didapati apa pemicu yang mendasarinya. Dengan demikian, dokter bisa memberi perlakuan yang diperlukan, sesuai sebabnya.

Related Posts

Leave a Comment