Tips dan Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar

  • Whatsapp
Tips-dan-Cara-Mencuci-Masker-Kain-dengan-Benar
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Akibat kelangkaan yang terjadi di pasaran dan menyebabkan harganya melambung tinggi, kini disepakati bahwa masker bedah dan jenis masker medis lainnya ditujukan untuk para tenaga medis. Sebagai gantinya, masyarakat umum bisa menggunakan masker kain. Meskipun tingkat efektifitas masker dari kain lebih rendah dibandingkan masker medis, mengenakan masker ini jauh lebih baik daripada Anda tidak mengenakannya sama sekali.

Hal ini juga dirasa cukup adil. Para tenaga medis berhadapan langsung dengan orang-orang positif corona setiap harinya. Mereka termasuk orang-orang dengan risiko tinggi sehingga membutuhkan alat perlindungan diri yang lebih efektif. Sedangkan masyarakat umum memiliki risiko yang lebih rendah terpapar virus corona dibandingkan para tenaga medis. Dengan demikian, penggunaan masker juga dibedakan. Masker medis untuk para tenaga medis dan masker dari kain untuk masyarakat umum.

Read More

Bukan berarti Anda tidak boleh memakai masker medis. Boleh saja memakainya selama Anda mampu untuk membelinya. Namun jangan dipaksakan karena masker kain pun efektif dalam menyaring partikel berukuran nanometer. Yang tidak boleh adalah Anda tidak memakai masker saat bepergian ke luar rumah.

Keuntungan dari memakai masker dari kain adalah masker ini bisa dipakai berkali-kali karena bisa dicuci dan dipakai kembali. Sedangkan masker medis hanya sekali pakai sehingga selesai dipakai harus segera dibuang dan diganti yang baru. Bukankah ini akan membuat pengeluaran Anda membengkak hanya untuk beli masker?

Cara Mencuci Masker kain

Selama digunakan dengan benar, masker dari bahan apapun memiliki kemampuan dalam menyaring partikel virus dan bakteri. Jangan lupa, setelah digunakan segera cuci masker. Apakah Anda sudah tahu bagaimana cara mencuci masker dengan benar?

Jika Anda belum mengetahui cara mencuci masker dengan benar, berikut ini adalah informasi mengenai hal tersebut.

1. Mencuci masker dengan mesin cuci

Tidak ada yang melarang Anda untuk mencuci masker dengan menggunakan mesin. Namun pastikan seluruh permukaan masker tercuci dengan benar sehingga bersih dan tidak ada virus masih menempel. Gunakan air hangat untuk mencuci masker. Begitu juga ketika mengeringkan masker di bagian pengering, Anda bisa menggunakan suhu yang tinggi.

2. Mencuci masker secara manual

Anda juga bisa mencuci masker dengan cara manual atau menggunakan tangan. Rendam masker terlebih dahulu sekitar 10 menit lamanya dengan menggunakan air hangat dan deterjen atau pemutih. Setelah itu, kucek masker dengan lembut selama kurang lebih 20 detik untuk selanjutnya dibilas dengan air mengalir.

Nah, itulah cara mencuci masker kain dengan benar. Anda bisa menggunakan dua metode mencuci, yaitu mencuci menggunakan mesin dan mencuci secara manual.

Tips Mencuci Masker

Agar mencuci masker lebih efektif, Anda bisa mengikuti beberapa tips mencuci masker berikut ini :

  1. Segera cuci masker setelah digunakan agar bisa digunakan kembali keesokan harinya.
  2. Gunakan air hangat saat mencuci masker
  3. Jemur masker di bawah sinar matahari langsung agar lebih efektif membunuh bakteri dan virus yang menempel
  4. Anda bisa menggunakan deterjen biasa, bisa juga menggunakan deterjen dengan kandungan pemutih atau bleach. Deterjen dengan pemutih ini lebih mampu membunuh partikel berbahaya yang menempel di virus.
  5. Tempat yang tepat untuk menyimpan masker adalah tempat yang kering dan bersih.

Demikian beberapa tips dan cara mencuci masker kain yang benar. Jika masker Anda sudah robek atau ada lubang, lebih baik jangan digunakan kembali. Ganti masker dengan yang baru. Anda juga setidaknya memiliki lebih dari satu masker untuk dipakai bergantian karena setiap masker hanya bisa dipakai selama 4 jam. Bisa juga memvariasikannya dengan masker fullprint agar tidak bosan dengan masker yang itu-itu saja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *